kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis


Sabtu, 25 November 2023 / 05:32 WIB
Kenali 8 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis
ILUSTRASI. Manfaat jagung manis untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jagung Manis  - Manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jagung manis juga teruji secara klinis.

Jagung manis, atau sering disebut jagung kukus, bukan hanya lezat dan populer sebagai camilan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Jagung manis kaya akan nutrisi yang dapat mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Merangkum dari Eating Well, ini beragam manfaat jagung manis untuk kesehatan:

1. Kaya akan Serat

Jagung manis mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga berat badan yang sehat, dan mengatur kadar gula darah. Konsumsi jagung manis secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi usus dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Sumber Energi

Jagung manis mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, memberikan energi bertahap dan membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil. Ini membuat jagung manis menjadi pilihan camilan yang baik untuk menjaga stamina sepanjang hari.

3. Kandungan Antioksidan Tinggi

Jagung manis mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan masalah mata lainnya terkait penuaan.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan asam folat dalam jagung manis dapat mendukung kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol, sedangkan kalium membantu mengatur tekanan darah. Asam folat juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mendukung Fungsi Otak

Jagung manis mengandung thiamine (vitamin B1), yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Thiamine membantu dalam produksi energi dan neurotransmitter yang mendukung kesehatan otak dan sistem saraf.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Penuh dengan Nutrisi

Jagung manis mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan mineral seperti magnesium dan fosfor. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk pertumbuhan sel, kekebalan tubuh, dan fungsi umum tubuh.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun jagung manis mengandung karbohidrat, namun rendah lemak dan memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Menyediakan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat dalam jagung manis sangat penting selama kehamilan untuk mencegah kelainan pada tabung saraf janin. Konsumsi jagung manis dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan.

Meskipun jagung manis memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsilah secara seimbang sebagai bagian dari pola makan yang beragam. Dengan memasukkan jagung manis dalam menu makanan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan asupan nutrisi dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Harga Komoditas Andalan RI: Batubara dan CPO Berfluktuasi, Bagaimana Prospeknya?

Menarik Dibaca: Bakal Hujan, Ini Perkiraan Cuaca Sabtu & Minggu 25-26 November 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×