kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:28 WIB
Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Jahe putih

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan- Manfaat jahe putih untuk kesehatan adalah salah satu hal yang menarik perhatian urbuk diketahui. Pasalnya, banyak manfaat dan khasiat jahe putih bisa didapatkan jika dikonsumsi dan diolah dengan benar.

Jahe putih, atau yang dikenal juga dengan nama latin Zingiber officinale var. Amarum, adalah jenis jahe yang memiliki warna putih pada bagian dalamnya. 

Jahe ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah diakui dan digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional. 

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Melansir dari Healthline, jahe putih memiliki banyak manfaat kesehatan karena sifat anti-inflamasi, antimual, dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, mengatasi radang sendi, mengurangi gejala menstruasi, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat jahe putih untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Antioksidan Tinggi

Jahe putih mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti gingerol, zingerone, dan shogaol. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan

Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam jahe putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jahe putih secara teratur, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jahe putih telah lama digunakan untuk meredakan masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan gangguan lambung. Senyawa-senyawa dalam jahe dapat merangsang produksi enzim pencernaan, membantu mengurangi ketidaknyamanan pencernaan.

Pengelolaan Nyeri Sendi dan Otot

Gingerol, salah satu senyawa dalam jahe putih, memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi dan otot. Ini menjadikan jahe putih sebagai pilihan alami untuk mengelola kondisi seperti arthritis.

Baca Juga: Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jahe putih dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa antioksidan dalam jahe juga dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif.

Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe putih dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan jahe putih ke dalam rencana pengobatan diabetes.

Baca Juga: Berapa Kadar Normal Asam Urat? Ini Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Efek Antioksidan pada Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam jahe putih dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit. Dengan melawan radikal bebas, jahe dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Meskipun jahe putih memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan, sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengintegrasikan jahe putih ke dalam rutinitas harian Anda, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×