kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!


Jumat, 15 Maret 2024 / 16:19 WIB
Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!
ILUSTRASI. Kayu manis

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kayu Manis  - Kayu manis menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kayu manis untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan jika dikonsumsi dan diolah dengan benar.

Kayu manis, dengan aroma dan rasa khasnya yang menggoda, bukan hanya digunakan sebagai bumbu dalam hidangan atau minuman, tetapi juga telah dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Sejak zaman kuno, kayu manis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Melansir dari Health,  kayu manis dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung secara keseluruhan dengan meningkatkan tekanan darah dan sirkulasi, serta mengurangi kadar lipid darah, seperti kolesterol jahat.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh lainnya:

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat kayu manis yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam membantu mengendalikan gula darah. Senyawa alami dalam kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu tubuh untuk lebih efektif menggunakan glukosa darah. Ini bermanfaat terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Antioksidan yang Kuat

Kayu manis mengandung antioksidan kuat, seperti polifenol, yang membantu melawan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Antioksidan ini dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

Efek Anti-Inflamasi

Senyawa dalam kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit yang terkait dengan peradangan kronis, seperti arthritis.

Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Konsumsi kayu manis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini berkontribusi pada perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Perlindungan Terhadap Infeksi

Kayu manis mengandung senyawa seperti kumarin dan eugenol yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur dalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Terdapat bukti bahwa aroma kayu manis dapat meningkatkan kinerja kognitif dan daya ingat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wewangian kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu mengurangi gejala penyakit Alzheimer.

Menyokong Pencernaan

Kayu manis dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan mengurangi masalah pencernaan seperti kembung dan gas.

Baca Juga: Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam kayu manis juga dapat membantu mengurangi risiko perkembangan sel kanker. Mereka melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Mengurangi Risiko Penyakit Metabolik

Kayu manis telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit metabolik, termasuk sindrom metabolik, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Ini Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan

Mengatasi Masalah Infertilitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatasi masalah infertilitas pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), dengan meningkatkan ovulasi dan menstruasi yang teratur.

Meskipun kayu manis memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Jangan mengonsumsi dalam jumlah berlebihan, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. Konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengganti atau menambahkan kayu manis dalam rutinitas makanan atau pengobatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×