kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Menarik Diketahui


Minggu, 03 Maret 2024 / 18:30 WIB
Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Kulit sawo.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kulit sawo untuk kesehatan tubuh nampaknya tidak terlalu populer. Padahal, ada beberapa manfaat kulit sawi yang menarik untuk diketahui.

Sawo adalah buah yang cukup populer di berbagai negara tropis, terutama di Asia Tenggara. Buah ini dikenal karena rasanya yang manis dan aroma yang khas. 

Namun, seringkali kita hanya mengonsumsi daging buah sawo dan membuang kulitnya. Ternyata, kulit sawo memiliki manfaat yang tidak kalah penting untuk kesehatan kita.

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat kulit sawo untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Kandungan Serat yang Tinggi

Kulit sawo mengandung serat makanan yang tinggi. Serat adalah komponen penting dalam makanan yang membantu melancarkan pencernaan kita. 

Dengan mengonsumsi kulit sawo, Anda dapat meningkatkan asupan serat dalam diet Anda, yang dapat mencegah sembelit, mengurangi risiko kanker usus, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Antioksidan Alami

Kulit sawo mengandung sejumlah antioksidan alami, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Dalam jangka panjang, konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti kulit sawo dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Menurunkan Kolesterol

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa ekstrak kulit sawo memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan senyawa seperti tannin dalam kulit sawo dapat membantu mengikat asam empedu dalam tubuh, yang kemudian mengurangi penyerapan kolesterol oleh usus. Ini adalah berita baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung mereka.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Mengandung Vitamin dan Mineral

Kulit sawo juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Ini termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta mineral seperti kalium dan magnesium. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan dan produksi kolagen. Kalium dan magnesium mendukung fungsi jantung dan otot yang sehat.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Simak 10 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Menyehatkan Kulit

Selain dikonsumsi, kulit sawo juga dapat digunakan secara topikal untuk perawatan kulit. Kulit sawo mengandung senyawa yang dapat membantu merawat kulit, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kerusakan kulit. Ini bisa menjadi bahan alami untuk masker wajah atau scrub kulit.

Namun, penting untuk diingat bahwa kulit sawo harus dicuci dan dibersihkan dengan baik sebelum dikonsumsi atau digunakan sebagai perawatan kulit. Selalu pastikan kulit sawo berasal dari sumber yang aman dan bersih.

Dalam rangka memaksimalkan manfaat kulit sawo untuk kesehatan, baik sebagai bagian dari diet atau perawatan kulit, konsultasikan dengan ahli gizi atau dermatologis terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki alergi atau kondisi medis tertentu. Dengan memasukkan kulit sawo ke dalam pola makan dan perawatan kulit Anda dengan bijak, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×