kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Menyegarkan Saat Buka Puasa, Ini 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan


Kamis, 14 Maret 2024 / 10:33 WIB
Menyegarkan Saat Buka Puasa, Ini 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Jus Alpukat

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi jus alpukat secara rutin bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jus alpukat juga cocok dikonsumsi dan dijadikan salah satu menu buka puasa.

Alpukat, buah yang sering disebut sebagai "superfood," telah mendapatkan popularitas yang besar dalam beberapa tahun terakhir. 

Meskipun banyak orang lebih suka mengonsumsinya dalam bentuk guacamole atau sebagai tambahan dalam hidangan, membuat jus alpukat juga merupakan cara yang hebat untuk menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa. Jus alpukat tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Baca Juga: Kenali Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari PharmEasy, Jus alpukat dapat digunakan untuk penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan mata dan kulit, dan mengobati osteoartritis.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jus alpukat untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi Penting

Alpukat adalah salah satu buah paling gizi di dunia. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B-6, folat, dan potasium. Jus alpukat adalah cara yang mudah untuk mendapatkan sebagian besar nutrisi ini dalam satu gelas.

Baca Juga: Enak untuk Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Mendukung Kesehatan Jantung

Jus alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Alpukat juga mengandung kalium, yang membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Mengandung Serat Tinggi

Alpukat mengandung serat tinggi, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit usus besar, dan menjaga berat badan yang sehat. Membuat jus alpukat dengan seratnya dapat membantu Anda mendapatkan manfaat serat ini.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Alpukat mengandung lemak yang membantu penyerapan nutrisi larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K, serta karotenoid seperti beta-karoten. Membuat jus alpukat dengan sayuran berdaun hijau dan wortel, misalnya, dapat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Menyediakan Antioksidan Kuat

Alpukat mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Selain itu, antioksidan ini juga membantu melawan stres oksidatif di seluruh tubuh.

Menyokong Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Vitamin ini dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Meningkatkan Energi

Alpukat mengandung vitamin B-6, yang mendukung konversi makanan menjadi energi. Minum jus alpukat dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

Menyehatkan Otak

Kandungan folat dalam alpukat dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Ini adalah nutrisi penting, terutama selama kehamilan dan perkembangan anak-anak.

Baca Juga: Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini

Mendukung Diet Penurunan Berat Badan

Meskipun alpukat adalah buah yang kaya kalori, lemak sehatnya dan kandungan serat tingginya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan mendukung diet penurunan berat badan.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan, jus alpukat adalah pilihan minuman yang cerdas. Namun, ingatlah bahwa seperti dengan makanan lainnya, konsumsilah jus alpukat dengan bijak dan seimbang dalam diet Anda. Jus alpukat sebaiknya juga disiapkan tanpa tambahan gula untuk memaksimalkan manfaatnya. Dengan begitu, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini tanpa merasa bersalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×