kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal


Sabtu, 02 Maret 2024 / 21:15 WIB
Simak Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal
ILUSTRASI. Buah Nanas

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Namun, takaran mengkonsumsi nanas juga perlu diperhatikan.

Buah nanas, dengan rasa segar dan manis yang khas, bukan hanya lezat tapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kita. 

Tidak hanya itu, buah nanas ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan pencernaan. 

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Merangkum dari PharmEasy, berikut berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan:

Sumber Vitamin C yang Kaya

Buah nanas adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mendukung kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah nanas, Anda dapat membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Meningkatkan Pencernaan

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Bromelain memecah protein dalam makanan dan membantu penyerapan nutrisi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti gas, kembung, dan perut kembung.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah nanas relatif rendah kalori dan mengandung serat yang cukup tinggi. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda mungkin makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Selain itu, bromelain dalam nanas juga dapat membantu dalam pemecahan lemak dan protein, yang bisa menjadi tambahan yang bagus untuk program penurunan berat badan Anda.

Mendukung Kesehatan Jantung

Buah nanas mengandung senyawa seperti vitamin C, serat, dan kalium, yang semuanya berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah normal. Ini semua dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Mengurangi Peradangan

Bromelain dalam buah nanas telah diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko bagi berbagai penyakit kronis, termasuk arthritis.

Menjaga Kesehatan Mata

Nanas mengandung beta-karoten, yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Beta-karoten adalah prekursor vitamin A, yang membantu menjaga penglihatan baik dan melindungi mata dari penyakit mata yang serius.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam nanas membantu dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu kulit tetap kencang dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Simak 10 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Menyediakan Energi

Buah nanas juga mengandung karbohidrat dan gula alami, yang memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini adalah alternatif yang sehat untuk camilan berkalori tinggi yang dapat mengganggu program diet Anda.

Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Terlalu banyak konsumsi buah nanas dapat menyebabkan iritasi pada mulut karena bromelain yang tinggi, terutama jika Anda memiliki sensitivitas tertentu. Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan buah nanas ke dalam diet Anda secara seimbang untuk merasakan manfaat kesehatannya tanpa masalah.

Dalam kesimpulan, buah nanas adalah makanan lezat yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga pencernaan yang sehat, dan meningkatkan kesehatan jantung serta kulit Anda. Jadi, tambahkan buah nanas ke dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa ini.

Selanjutnya: United E Motor Ikut Ajang BCA Expoversary, Tawarkan Diskon dan Hadiah

Menarik Dibaca: 4 Letak Jerawat di Wajah dan Penyebabnya, Jangan Keliru Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×