kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Yuk Intip 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Ternyata Bikin Jantung Lebih Kuat!


Senin, 15 April 2024 / 12:51 WIB
Yuk Intip 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Ternyata Bikin Jantung Lebih Kuat!
ILUSTRASI. Yuk Intip 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Ternyata Bikin Jantung Lebih Kuat!

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

MANFAAT BUAH BIT - KONTAN.CO.ID.  Di sini Anda bisa mencatat 11 manfaat buah bit untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mampu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, hingga memperkuat kinerja jantung.

Buah bit mungkin tidak terlalu familiar di Indonesia, tapi sebenarnya buah ini cukup mudah ditemui di pasaran.

Buah bit merupakan jenis akar-akaran yang terkenal dengan warna merah keunguannya. Dalam beberapa tahun terakhir, buah bit dianggap jadi makanan super karena terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah ini umumnya tidak dikonsumsi secara langsung, melainkan diolah kembali menjadi beragam santapan seperti jus hingga kue. 

Baca Juga: 7 Makanan Pembakar Lemak Perut, Tetap Nikmat Dimakan

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Melansir Healthline, buah bit ternyata memiliki manfaat yang luar biasa seperti memperkuat fungsi hati, menurunkan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah, hingga meningkatkan stamina.

Disebutkan bahwa buah bit mengandung antioksidan, elektrolit, dan senyawa lain yang dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan otak.

Berikut adalah deretan manfaat buah bit untuk kesehatan:

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Anda

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi buah bit bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Betanin dalam bit dapat membantu menurunkan LDL, atau kolesterol jahat. 

Para peneliti percaya bahwa potensi bit dalam menurunkan kolesterol kemungkinan besar disebabkan oleh fitonutriennya, seperti flavonoid.

2. Mendukung Kerja Hati

Studi PubMed Central menunjukkan, antioksidan betaine berpotensi membantu mencegah atau mengurangi timbunan lemak di hati. Betain yang ada dalam buah bit juga dapat membantu melindungi hati Anda dari racun.

3. Sumber Folat

Di dalam bit terdapat folat, jenis vitamin B yang membantu mencegah cacat tabung saraf, seperti tulang belakang bifida dan anencephaly. Folat juga bermanfaat untuk ibu hamil karena bisa menurunkan risiko kelahiran prematur.

Jika Anda sedang hamil, menambahkan folat ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda mendapatkan 600 mikrogram yang direkomendasikan setiap hari.

Baca Juga: 10 Makanan Pereda Flu, Ada Bawang Putih dan Yogurt

4. Sumber Berbagai Jenis Mineral

Sejumlah mineral luar biasa ternyata juga terkandung di dalam buah bit. Mineral dalam buah bit di antaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, sodium, zinc, hingga selenium.

5. Sumber Potasium (Kalium)

Manfaat buah bit untuk kesehatan berikutnya bisa dilihat dari tingginya kandungan potasium atau kalium pada buah ini. Potasium adalah mineral dan elektrolit yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik.

Jika kadar kalium terlalu rendah, kelelahan, kelemahan, dan kram otot dapat terjadi. Kalium yang sangat rendah dapat menyebabkan irama jantung abnormal yang mengancam jiwa.

6. Mengurangi Efek Samping Kemoterapi

Buah bit memiliki potensi sifat kemoprotektif. Artinya dapat membantu mengurangi efek samping dan kerusakan tubuh akibat kemoterapi, termasuk kelelahan.

Baca Juga: 10 Minuman Pencegah Migrain, Ada Kopi hingga Jus Buah

7. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah bit berikutnya ternyata berhubungan dengan kanker. Warna mencolok dari bit berasah dari tingginya kandungan betalain yang merupakan antioksidan yang larut dalam air. Ini juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol lainnya.

Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Betalain dan antioksidan lainnya dapat membantu menemukan dan menghancurkan radikal bebas atau molekul tidak stabil dalam tubuh, yang jika dalam jumlah besar dapat memicu peradangan dan meningkatkan risiko kanker.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Sehat

Mengonsumsi olahan buat bit juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ada di level sehat.

Bit rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak, bisa menjadi pilihan menu yang bagus saat sedang dalam program diet. Bit juga memiliki kandungan gula alami yang tinggi.

9. Meningkatkan Kekuatan Otot Jantung

Penelitian PubMed Central AS pada tahun 2016 menunjukkan, mengonsumsi 70 mL jus bit setiap hari selama satu minggu dapat meningkatkan toleransi olahraga pada orang dewasa lanjut usia yang menderita gagal jantung.

Para peneliti mencatat, daya tahan latihan aerobik peserta meningkat sebesar 24%.

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Kulit Glowing!

10. Meningkatkan Stamina

Ternyata, mengonsumsi buah bit dapat meningkatkan kadar nitrat plasma dan meningkatkan kinerja fisik. Konsumsi jangka panjang buah bit mampu meningkatkan durasi olahraga hingga meningkatkan kinerja kardiorespirasi.

Sebagai catatan, menggabungkan jus bit dengan kafein dapat mengurangi manfaatnya.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah bit terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Kandungan nitrat di dalamnya menurunkan tekanan darah sistolik pada orang dewasa dengan hipertensi. Nitrat adalah senyawa dalam bit yang diubah menjadi oksida nitrat dalam darah dan membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.

Itu dia 11 manfaat buah bit yang bisa Anda perhatikan mulai hari ini. 

Selanjutnya: Konflik Iran-Israel Menghangat, Harga ICP Bisa Melonjak Jadi US$ 100 per Barel

Menarik Dibaca: Harga Emas Dunia Berjaya, Safe Haven Diburu Karena Konflik Memanas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×