kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Sudah Tahu?


Kamis, 28 Maret 2024 / 11:17 WIB
7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Kayu manis

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan mudah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Selain itu, manfaat kayu manis juga menarik perhatian karena terbukti khasiatnya.

Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana cara mengolah dan mengkonsumsi kayu manis tersebut. Sehingga manfaat kayu manis bisa didapatkan secara maksimal.

Kayu manis, yang berasal dari kulit batang pohon kayu manis, telah lama dikenal sebagai rempah-rempah yang tidak hanya memberikan cita rasa istimewa pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari WebMD, Kayu manis memiliki sifat antioksidan, antibiotik, dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kayu manis di antaranya:

Peningkatan Kesehatan Jantung

Kayu manis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Regulasi Gula Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa dalam kayu manis diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu tubuh dalam pengaturan gula darah, dan dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Antiinflamasi Alami

Kayu manis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk penderita arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.

Perlindungan Terhadap Infeksi

Sifat antibakteri dan antivirus dari kayu manis membuatnya menjadi bahan alami yang efektif dalam melawan infeksi. Senyawa-senyawa aktif dalam kayu manis dapat membantu melawan bakteri dan virus, membantu mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Peningkatan Fungsi Kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Ini mungkin terkait dengan kemampuan senyawa-senyawa dalam kayu manis untuk melindungi otak dari stres oksidatif.

Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kayu manis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh, seseorang dapat lebih baik melawan penyakit dan infeksi.

Baca Juga: Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mengurangi Risiko Penyakit Neurodegeneratif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Senyawa-senyawa dalam kayu manis diyakini dapat melawan peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×