kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Enak Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan


Senin, 08 April 2024 / 16:15 WIB
Enak Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Jus Alpukat

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jus alpukat untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, jus alpukat juga cocok untuk minuman dan dikonsumsi saat buka puasa.

Alpukat bukan hanya lezat dijadikan guacamole atau sebagai tambahan salad, tetapi juga bisa diolah menjadi jus yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Jus alpukat memiliki sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi kesehatan.

Baca Juga: Daftar Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Merangkum dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat jus alpukat untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi Esensial

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi, dan jus alpukat juga menyediakan beragam vitamin dan mineral. Alpukat mengandung vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B-6, folat, magnesium, dan potassium. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi saraf.

Mengandung Lemak Sehat

Alpukat mengandung lemak yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Serat untuk Pencernaan

Alpukat mengandung serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, memelihara kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. Jus alpukat yang mengandung serat dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan serat mereka.

Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Alpukat mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan penuaan. Antioksidan lainnya dalam alpukat juga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Baca Juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan, Banyak Hal Tidak Terduga

Menyokong Kesehatan Jantung

Lemak sehat, serat, dan potassium dalam alpukat dapat mendukung kesehatan jantung. Potassium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyediakan Energi Sustained

Alpukat mengandung karbohidrat kompleks dan lemak sehat, yang dapat memberikan energi yang tahan lama. Ini membuat jus alpukat menjadi pilihan yang baik untuk sarapan atau sebagai camilan sehat di tengah hari.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Meskipun mengandung lemak, alpukat dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

Baca Juga: Menarik! Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh

Penting untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini memiliki sifat anti-aging dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Meskipun jus alpukat memiliki sejumlah manfaat kesehatan, konsumsilah dengan bijak. Sebaiknya, konsultasikan dengan ahli gizi atau tenaga medis jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau jika ada pertanyaan tentang asupan nutrisi Anda. Dengan mengintegrasikan jus alpukat ke dalam pola makan yang seimbang, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×