kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Teruji Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Brokoli Untuk Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Kamis, 28 Maret 2024 / 12:32 WIB
Teruji Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Brokoli Untuk Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Brokoli

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Brokoli Untuk Untuk Kesehatan  - Manfaat brokoli untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, manfaat brokoli juga telah terbukti khasiatnya secara klinis.

Selain itu, brokoli juga termasuk sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Tak heran, brokoli menjadi salah satu sayuran yang cukup banyak diminati karena bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari Healthline, Brokoli mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan, menjaga kestabilan gula darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berikut beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi Penting

Brokoli kaya akan nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, dan serat. Kandungan ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan, kesehatan tulang, dan pembekuan darah.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Antioksidan yang Kuat

Brokoli mengandung senyawa antioksidan seperti sulforaphane dan glucoraphanin. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan memicu berbagai penyakit.

Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam brokoli dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol, sementara kalium membantu menjaga tekanan darah normal.

Perlindungan terhadap Kanker

Sulforaphane, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, telah dikaitkan dengan kemampuannya melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebarannya. Kandungan antioksidan juga berkontribusi pada perlindungan terhadap risiko kanker.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K dan kalsium dalam brokoli berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin K mendukung penyerapan kalsium dan pembentukan protein tulang, yang penting untuk kepadatan tulang yang optimal.

Mendukung Fungsi Otak

Senyawa sulforaphane dalam brokoli telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap kerusakan sel saraf dan meningkatkan kinerja otak. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Coba 8 Hal Ini

Mengelola Berat Badan

Brokoli adalah makanan rendah kalori, tetapi tinggi serat, sehingga dapat membantu dalam manajemen berat badan. Serat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×