kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Saja Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan? Simak 8 Hal Ini


Selasa, 05 Maret 2024 / 14:52 WIB
Apa Saja Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan? Simak 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Bawang bombay

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bawang Bombay - Manfaat bawang bombay bagi kesehatan cukup menarik perhatian dan cukup populer. Selain itu, cara mengkonsumsi bawang bombay juga perlu diperhatikan.

Bawang bombay, atau yang dikenal juga dengan bawang merah, adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. 

Tidak hanya itu, bawang bombay juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Melansir dari Healthline, bawang bombay termasuk sayuran bergizi tinggi yang memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, pengaturan gula darah yang lebih baik, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Berikut beberapa manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh:

Kandungan Antioksidan Tinggi

Bawang bombay mengandung senyawa antioksidan, seperti quercetin, sulfur, dan vitamin C, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam bawang bombay adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Konsumsi bawang bombay secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang bombay mengandung senyawa allicin, yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini berarti bahwa bawang bombay dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bawang bombay mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian. Selain itu, senyawa quercetin dalam bawang bombay dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang juga mendukung penurunan berat badan.

Efek Anti-inflamasi Alami

Bawang bombay mengandung senyawa-senyawa anti-inflamasi alami, seperti quercetin dan allicin, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat terutama bagi orang yang menderita penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium dalam bawang bombay, dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Ini penting terutama bagi orang yang rentan terhadap penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Mendukung Fungsi Kognitif

Senyawa quercetin dalam bawang bombay telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak dan fungsi kognitif. Dengan mengonsumsi bawang bombay secara teratur, Anda dapat membantu menjaga otak tetap tajam dan mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Baca Juga: 8 Khasiat Air Jahe Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Menyokong Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam bawang bombay sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin ini membantu menjaga penglihatan yang baik dan melindungi mata dari penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×