kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Enak Dijadikan Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Timun Untuk Kesehatan


Kamis, 28 Maret 2024 / 11:17 WIB
Enak Dijadikan Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Timun Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat jus timun untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, jus timun juga cocok dijadikan takjil dan dikonsumsi saat buka puasa.

Pasalnya, jus timun memiliki rasa yang khas dan menyegarkan dikonsumsi dalam kondisi dingin.

Timun, atau disebut juga mentimun, bukan hanya sekadar sayuran penyegar dalam salad, tetapi juga dapat diolah menjadi jus yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari Healthline, jus timun menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk menjaga Anda tetap terhidrasi, membantu penurunan berat badan, menyediakan antioksidan, dan mungkin membantu mencegah kanker.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh:

Menjaga Hidrasi Tubuh

Jus timun memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 95%. Konsumsi jus timun membantu menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, membantu menghindari dehidrasi, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Kaya Antioksidan

Timun mengandung antioksidan seperti beta-karoten, flavonoid, tannin, dan triterpenoid yang dapat membantu melawan radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Menyegarkan Napas

Senyawa yang terkandung dalam timun dapat membantu mengurangi bau mulut. Kandungan airnya juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri penyebab bau di dalam mulut.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Timun mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi jus timun secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Mendukung Pencernaan

Serat yang terkandung dalam timun dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara umum.

Mengurangi Peradangan

Kandungan antiinflamasi dalam timun dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah peradangan seperti arthritis atau penyakit inflamasi lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan silikon dan vitamin K dalam timun dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi pembengkakan, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Alami, Mulai Dari Pola Makan

Menurunkan Berat Badan

Timun memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam timun, seperti vitamin C dan mangan, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh tetap sehat dan tahan terhadap infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×