kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Baik


Kamis, 28 Maret 2024 / 21:35 WIB
Kenali 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Baik
ILUSTRASI. Bawang bombay

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bawang bombay untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika diolah dengan baik. Tidak hanya itu, manfaat bawang bombay juga telah terbukti khasianya.

Bawang bombay, atau yang juga dikenal sebagai bawang merah, bukan hanya bahan dasar yang populer dalam masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Kaya akan senyawa-senyawa alami, bawang bombay telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat bawang bombay untuk kesehatan di antaranya:

Antioksidan dan Vitamin C Tinggi

Bawang bombay mengandung antioksidan seperti quercetin, allicin, dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam bawang bombay dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit. Kandungan zat antibakteri dan antivirus, termasuk allicin, juga dapat membantu melawan berbagai infeksi.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang bombay dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga mendukung kesehatan jantung. Senyawa allicin dalam bawang bombay dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan mengurangi risiko pembekuan darah.

Mengurangi Risiko Diabetes

Studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang bombay dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa allicin diketahui memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Efek Antiinflamasi

Senyawa quercetin dalam bawang bombay memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit radang kronis seperti arthritis.

Baca Juga: Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang bombay mengandung mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Konsumsi bawang bombay secara teratur dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Serat dalam bawang bombay dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam bawang bombay dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang bombay dapat berkaitan dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung dan kolorektal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×