kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik


Kamis, 28 Maret 2024 / 17:35 WIB
Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik
ILUSTRASI. Jus ceri

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah ceri untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan benar. Selain itu, manfaat buah ceri juga menarik perhatian karena terbukti khasiatnya.

Buah ceri, dengan rasa manis dan warna cerah juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Lantas, apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan?

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari Healthline, ceri adalah salah satu buah yang paling disukai dan memiliki rasa lezat,  mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan dengan efek kesehatan yang kuat.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan lainnya:

Antioksidan Tinggi

Buah ceri dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan seperti antosianin, melatonin, dan quercetin di dalam ceri dapat memberikan perlindungan optimal.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Melatonin untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Buah ceri mengandung melatonin alami, hormon yang memainkan peran kunci dalam regulasi siklus tidur dan bangun. Mengonsumsi ceri atau minum jus ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah tidur, seperti insomnia.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan dalam buah ceri dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol, sementara antioksidan melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Membantu Mengurangi Peradangan

Buah ceri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kondisi inflamasi kronis, seperti arthritis, dan mengurangi risiko penyakit inflamasi lainnya.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Menyokong Kesehatan Otak

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam buah ceri dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif pada otak. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer, dan meningkatkan kognisi.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Buah ceri rendah kalori dan tinggi serat, membuatnya menjadi pilihan camilan sehat untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat juga membantu merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah ceri berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih, yang merupakan bagian integral dari pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Baca Juga: Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam buah ceri dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam ceri juga mendukung produksi kolagen, membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×